• Sabtu, 17 November 2018

Profil Universitas Kaltara


Universitas Kaltara (UNIKALTAR) merupakan salah satu Perguruan Tinggi (PT) swasta yang berada di Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Universitas Kaltara merupakan perguruan tinggi swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Tanah Seribu di bawah binaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, melalui Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah XI Kalimantan.

UNIKALTAR berkedudukan di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara, yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Tanah Seribu berdasarkan Akta Notaris Alimah Sa’diyah, S.H. MKn. Nomor 06 tanggal 8 September 2008 sesuai SK. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor : C-496.HT.03.01-Th.2009. UNIKALTAR merupakan alih kelola program studi dari Universitas Trikarya yang berkedudukan di Medan Sumatera Utara berdasarkan Surat Keputusan Menteri Nomor 227/D/O/2008 tanggal 18 Desember 2008, tentang alih kelola, perubahan nama, dan pindah lokasi Universitas Tri Karya di Medan yang diselenggarakan oleh Yayasan Politeknik Indonesia di Medan, menjadi Universitas Kaltara di Tanjung Selor yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Tanah Seribu di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Timur.

Universitas Kaltara (UNIKALTAR) merupakan salah satu Perguruan Tinggi (PT) swasta yang berada di Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Universitas Kaltara merupakan perguruan tinggi swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Tanah Seribu di bawah binaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, melalui Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah XI Kalimantan. UNIKALTAR berkedudukan di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara, yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Tanah Seribu berdasarkan Akta Notaris Alimah Sa’diyah, S.H. MKn. Nomor 06 tanggal 8 September 2008 sesuai SK. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor : C-496.HT.03.01-Th.2009.

UNIKALTAR merupakan alih kelola program studi dari Universitas Trikarya yang berkedudukan di Medan Sumatera Utara berdasarkan Surat Keputusan Menteri Nomor 227/D/O/2008 tanggal 18 Desember 2008, tentang alih kelola, perubahan nama, dan pindah lokasi Universitas Tri Karya di Medan yang diselenggarakan oleh Yayasan Politeknik Indonesia di Medan, menjadi Universitas Kaltara di Tanjung Selor yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Tanah Seribu di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Timur.

Mahasiswa
Saat ini pada Universitas Kaltara jumlah mahasiswa yang aktif adalah 1476 orang, tersebar pada 8 program studi S1. Distribusi mahasiswa  kurang merata, yaitu ada Fakultas yang jumlah mahasiswanya  sangat  banyak,  banyak dan serta tergolong sedikit  Prediksi untuk tahun mendatang jumlah mahasiswa per fakultas juga masih sangat variatif. Jumlah mahasiswa baru rata-rata 500 per tahun dan bersifat fluktuatif. Sebagian besar mahasiwa baru berasal dari SLTA-SLTA disekitar Kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau, dan Kota Tarakan. SLTA pemasok yang lain adalah dari provinsi Kalimantan Timur,sebagian provinsi di  Jawa maupun Sulawesi. Mahasiswa Universitas Kaltara memiliki heterogenitas dalam hal latar belakang sosial, budaya, politik, ekonomi, dan  tingkat pengetahuan agama Untuk tahun-tahun mendatang diperkirakan akan terjadi pergeseran proporsi dengan jumlah mahasiswa baru asal Kabupaten Bulungan berimbang dari Daerah lain di Kalimantan Utara. Khusus mahasiswa baru asal Kalimantan Timur seperti dari Kabupaten Berau diprediksikan juga meningkat. Dalam penerimaan mahasiswa baru Universitas Kaltara menerapkan prosedur tes penerimaan yang ketat dengan standar nilai minimal tertentu untuk dapat diterima, lebih lengkap mengenai jumlah pendaftar dan jumlah mahasiwa yang diterima  akan di tampilkkan dalam Tabel 1.1 :
Tabel 1.1. Profil Penerimaan Mahasiswa Baru 3 Tahun Terakhir

Berdasarkan Tabel diatas dalam 3 tahun terakhir terlihat bahwa rata-rata keketatan dalam penerimaan atau rasio antara pendaftar dan diterima pada 8 program studi semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dapat menjadi indikator bahwa Universitas Kaltara semakin di minati dan menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan di kawasan Kalimantan Utara.
Jumlah  total mahasiswa aktif Universitas Kaltara hingga saat ini mencapai 1477 mahasiwa yang tersebar dalam 8 program studi. Program studi dengan jumlah  mahasiwa aktif terbanyak ialah program studi Administrasi Negara dengan 424 mahasiswa aktif dan program studi dengan mahasiswa paling sedikit ialah program studi Fisika dengan jumlah 18 mahasiwa. Lebih lengkap mengenai jumlah mahasiwa aktif di Universitas Kaltara disajikan pada Tabel 1.2 :
Tabel 1.2. Profil Mahasiswa Aktif Tahun 2016

Jumlah mahasiswa aktif hingga 2015/2016 Universitas Kaltara sebanyak 1466 yang tersebar dalam 8 program studi memiliki sebaran rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang beragam. Program studi dengan IPK terendah ialah Teknik sipil dengan IPK rata-rata mahasiswa 2,33,  sedangkan IPK rata-rata tertinggi terdapat pada program studi Fisika yang justru memiliki jumlah mahasiswa paling rendah di Universitas Kaltara, hal ini merupakan prestasi yang membanggakan karena ditengah keterbatasan laboratorium  dan jumlah mahasiswa yang sedikit, namun program studi ini mampu menghasilkan mahasiswa dengan  dengan jumlah rata-rata IPK tertinggi di Universitas Kaltara. Lebih lengkap mengenai profil IPK mahasiwa aktif di Universitas Kaltara disajikan pada Tabel 1.3 :
Tabel 1.3. Profil IPK Mahasiswa Aktif Tahun 2015/2016


Dalam kurun waktu 8 tahun terakhir ini terdapat peningkatan jumlah program studi yang terakriditasi, baik dari segi jumlah maupun nilai.  Pada awal berdirinya Universitas Kaltara memiliki  12 program studi yakni , namun hingga saat ini tersisa 8 program studi dari 5 fakultas dan dalam 5 tahun terakhir 7 program studi memili akreditasi sedangkan 1 program studi belum terakreditasi. Program studi yang telah terakreditasi tersebut diantaranya Fisika, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Manajemen, Teknik sipil, Teknik Arsitektur, dan Agroteknologi  dimana  Semua program studi tersebut terakreditasi “C”, sedangkan program studi Matematika sampai saat ini masih belum terakreditasi. Lebih lengkap mengenai akreditasi Program Studi di Universitas Kaltara disajikan pada Tabel 1.4 :
Tabel 1.4. Data Akreditasi Program Studi

Lulusan
Kurikulum yang telah dirancang secara tepat sesuai dengan keberadaan peserta didik akan menghasilkan lulusan yang kompetitif dalam dunia kerja. Mahasiswa sebagai salah satu komponen sivitas akademika Universitas Kaltara (Unikaltar) yangmemiliki karakteristik bersifat heterogen, kedudukan dan fungsinya sangat strategis untuk dibina dan dikembangkan. Mereka sebagai Sumber Daya Manusia (SDM), yang potensial untuk ditingkatkan daya kreativitasnya agar kelak menjadi lulusan yang sesuai dengan standar nasional.
Berdasarkan data lulusan 3 tahun terakhir, jumlah lulusan Universitas Kaltara semakin meningkat, hal ini dapat dilihat bahwa pada tahun 2013/2014 hingga tahun 2015/2015 jumlah mahasiswa meningkat dari 203 menuju 267 mahasiswa atau meningkat 31,53% dan total lulusan selama 3 tahun terakhir ialah 629 mahasiswa. Lebih lengkap mengenai jumlah lulusan tiga tahun terakhir di Universitas Kaltara disajikan pada Tabel 1.5 :
Tabel 1.5. Jumlah Lulusan Tiga Tahun Terakhir

Prestasi mahasiwa di perguruan tinggi banya tergantung dari pribadi mahasiswa dan latar belakang keluarganya. Harus diakui bahwa calon mahasiswa yang masuk di perguruan tinggi swasta itu umumnya terdiri dari mereka yang tidak diterima di perguruan tinggi negeri. Maka kegairahan masuk perguruan tinggi yang besar juga menjadi salah satu faktor penting bagi pengembangan PTS. Potensi mahasiswa sebenarnya sangat besar dan belum dimanfaatkan secara sepenuhnya. Umur yang masih muda, tenaga yang masih kuat, kecerdasan yang cukup dan terutama idealisme yang tinggi merupakan faktor-faktor yang dapat mendorong perkembangan perguruan tinggi, asalkan diberi pengarahan yang baik, melalui bimbingan dan penyuluhan , serta pembudayaan keilmuan. Bertemu hanya untuk kuliah tidak akan mendorong mahasiswa untuk berpartisipasi. Mahasiswa perlu didorong berada pada kondisi akademik yang tinggi sebagaimana Misi Universitas Kaltara yang menerapkan Manajemen Mutu. Berdasarkan data 3 tahun terakhir, mahasiswa Universitas Kaltara memiliki ratta-rata IPK diatas 3. Tidak ada mahasiswa yang memiliki IPK kurang dari 2,5 selama 3 tahun terakhir ini. Lebih lengkap mengenai profil lulusan berdasarkan IPK dan tahun lulus terakhir di Universitas Kaltara disajikan pada Tabel 1.6 :
Tabel 1.6. Profil Lulusan Berdasarkan IPK dan tahun Lulus
Jumlah mahasiswa yang dapat diterima dan daya tampung Universitas Kaltara, pada akhirnya ditentukan oleh faktor-faktor yang menjadi pembatas utama seperti jumlah dosen tetap dan penampilan serta fasilitas kampusnya, kecuali itu perlu diperhitungkan pula total mahasiswa. Produktifitas dan kualitas yang rendah, jumlah lulusan yang kecil pada akhirnya akan mempengaruhi jumlah mahasiswa baru. Produktifitas dapat dinaikkan lalu proses pendidikannya dapat ditingkatkan antara lain menaikkan ratio dosen/mahasiswa Produktifitasnya juga mungkin terhambat karena skripsi. Kenyataan menunjukkan bahwa mahasiswa sering lama menyelesaikan studinya karena skripsi belum selesai. Kualitas pelayanan dapat ditingkatkan dengan menerapkan peningkatan kualitas yang berkelanjutan dengan komitmen seluruh dosen dan karyawan dalam meningkatkan mutu.
Universitas Kaltara dalam 3 tahun terakhir dapat diketahui rentang lama pendidikan mahasiswa selama menempuh pendidikan di Universitas Kaltara ialah 4,5 - 5 tahun dengan program studi yang lama mewisuda mahasiswanya ialah Program Studi Fisika dan Teknik Arsitektur dengan masa studi 4,9 Tahun dan program studi tercepat yang mewisuda mahasiswanya ialah program studi manajemen dengan rata-rata masa studi 4 tahun dalam 3 tahun. Pada lima tahun kedepan diproyeksikan jumlah mahasiswa yang diterima stabil.  Dengan jumlah yang diterima, maka akan mempermudah penyusunan perencanaan dan upaya untuk meningkatkan mutu akademik.  Rata-rata lama studi 4,5 – 5 tahun dan terus diusahakan makin mendekati ketepatan waktunya (4 – 5 tahun). Lebih lengkap mengenai Rerata masa studi lulusan S1 tiga tahun terakhir di Universitas Kaltara disajikan pada Tabel 1.7 :
Tabel 1.7. Rerata Masa Studi Lulusan S1 Tiga Tahun Terakhir

P
ada tahun 2013/2014 Universitas Kaltara melaksanakan wisuda dengan produktifitas mencapai 49,27%  antara mahasiswa yang diterima dengan yang lulus, pada tahun 2014/2015 Universitas Kaltara melaksanakan wisuda dengan produktifitas mencapai 46,76%  dan pada tahun 201/2016 Universitas Kaltara melaksanakan wisuda dengan produktifitas mencapai 78,53% . Universitas Kaltara berusaha meningkatkan prosentase (jumlah) lulusan per tahun dengan memperhitungkan keseimbangan jumlah mahasiswa yang terdaftar dengan jumlah mahasiswa yang lulus dengan tanpa mengorbankan mutunya. Lebih lengkap mengenai Profil produktivitas program studi 3 tahun terakhir di Universitas Kaltara disajikan pada Tabel 1.8 :

Sumber Daya Manusia
Dosen merupakan salah satu faktor yang memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar di perguruan tinggi. Menyadari betapa penting peranannya, terutama dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan, maka pihak Universitas Kaltara secara terus menerus dan secara simultan mendorong dan memberi peluang yang seluas-luasnya untuk melakukan pengayaan wawasan keilmuan baik melalui institusi maupun usaha mandiri; melakukan perbaikan penataan administrasi kepegawaian, pengiriman dan menyertakan pada kegiatan-kegaiatan ilmiah, dan pengembangan bidang minat. Selain itu  untuk peningkatan wawasan global merupakan tuntutan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, sehingga peningkatan kemampuan bahasa asing harus mendapatkan perhatian oleh semua pihak. Kewajiban universitas dan fakultas untuk memberikan dorongan dan peluang yang memadai untuk kesempatan-kesempatan seperti itu.
Selain melalui jalur pendidikan formal (S2, dan S3), upaya peningkatan kualitas proess belajar mengajar juga dilakukan melalui peningkatan jabatan fungsional dosen. Selama 5 (lima) tahun terakhir ini tejadi peningkatan jabatan akademik dosen yang cukup menggembirakan. Total dosen tetap Universitas Kaltara ialah 68 orang dengan dosen yang memiliki jabatan fungsional ialah 12 orang. Rincian Dosen yang memiliki jabatan fungsional asisten ahli ialah 6 (enam) orang, Lektor ialah 5 (lima) orang, demikian juga yang berpangkat Lektor Kepala yakni 1 (satu) orang dan belum ada dosen yang menyandang jabatan funsgional sebagai guru besar. Dosen yang menyandang jabatan asisten ahli merupakan dosen-dosen yang rata-rata masih berusia dibawah 31 tahun, sedangkan dosen tidak tetap Universitas Kaltara berjumlah 15 orang dengan rincian dosen yang menyandang jabatan fungsional asisten ahli ialah 1 (satu) orang dan Lektor sebanyak 1 (satu) orang dengan usia berkisar 41-50 tahun. Lebih lengkap mengenai Profil dosen di Universitas Kaltara disajikan pada Tabel 1.9 dan Tabel 1.10 dibawah :
Tabel 1.9. Profil Dosen Tetap Berdasarkan Jenjang Pendidikan, Usia dan Jabatan Fungsional


Tabel 1.10. Profil Dosen Tidak Tetap Berdasarkan Jenjang Pendidikan, Usia dan Jabatan Fungsional

download