• Selasa, 22 Januari 2019
Memperkuat Ekonomi Digital Melalui Pesta Rakyat 2018 BEM Unikaltar
  • Admin Unikaltar
  • 05/04/2018
  • 73

Ekonomi kreatif digital adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide serta pengetahuan dari sumber daya manusia dan teknologi sebagai faktor produksi yang utama. Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif yang menjadi wujud aplikasinya. Perjalan waktu telah mengantarkan perkembangan ekonomi sampai pada taraf ekonomi kreatif yang mengedepankan konsep  digitalisasi sebagai hal utama dalam pengembangan dan pertumbuhan ekonomi.

Secara karakteristik tercatat beberapa hal yang menjadi karakter dari ekonomi kreatif, diantaranya yaitu: (1) diperlukan kolaborasi antara berbagai aktor yang berperan dalam industri kreatif, yaitu cendekiawan (kaum intelektual), dunia usaha, dan pemerintah yang merupakan prasyarat mendasar; (2) berbasis pada ide atau gagasan; (3) pengembangan tidak terbatas dalam berbagai bidang usaha; (4) konsep yang dibangun bersifat relatif.

Ekonomi kreatif yang terhubung secara digital, yang juga disebut sebagai “Industry 4.0” mencakup berbagai jenis teknologi, mulai dari 3D printing hingga robotik, serta meliputi jenis material baru dan sistem produksi. Langkah menuju Industry 4.0  ini akan memberikan manfaat bagi sektor swasta. Produsen besar yang terintegrasi akan dapat mengoptimalkan serta menyederhanakan rantai suplai mereka.

Salah satu komponen penting dalam menghadapi hal tersebut adalah peran perguruan tinggi sebagai salah satu pilar dalam menciptakan sumber daya manusia menjadi garis depan di era digital. Kehadiran perguruan tinggi diharapkan mampu membantu masyarakat untuk beradaptasi secara cepat dengan perkembangan teknologi.

Perkembangan dalam era industry 4.0 juga perlu disikapi oleh provinsi Kalimantan Utara yang merupakan salah satu provinsi termuda di Indonesia, dimana kondisinya masih minim dengan pengembangan ekonomi kreatif berbasis digital untuk mengembangkan ekonomi yang berdampak positif bagi kemajuan perekonomian Kalimantan utara dan berkualitas dengan balutan kreatifitas dan inovasi serta bisa bersaing dengan pihak lain.

Memperhatikan kondisi-kondisi tersebut, serta dengan niat untuk dapat berperan dalam kemajuan masyarakat dalam menghadapi era industry 4.0, maka Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Kaltara melalui kegiatan Pesta Rakyat 2018 yang dilaksanakan dengan Tema "Mempersiapkan Generasi untuk Bangsa dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0" dengan tujuan menciptakan dan menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan berbasiskan digital, mengembangkan minat dan bakat serta kreatifitas mahasiswa serta menambah pengetahuan dan wawasan generasi penerus dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0.  Rangkian kegiatan tersebut ini adalah (1) dialog kebudayaan dengan tema "Merawat Nilai Leluhur yang masih tersisa"; (2) seminar nasional dengan tema "Status Quo Dunia Pendidikan Dalam Memasuki Era Globalisasi Pendidikan dan Peran Stakeholder Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0"; (3) lomba debat antar mahasiswa se-Kalimantan Utara; (4) lomba akustik, tari, dan puisi antar SMA/SMK/MA dan mahasiswa se-Kalimantam Utara. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 02 sampai 07 April 2018 di halaman kampus Universitas Kaltara Tanjung Selor. (RK)

Tags: Share:

Kontributor

Admin Unikaltar


Selengkapnya

Komentar (1)

A

Aslan

05/04/2018

Keren...Sukses dan Bahagia Universitas Kaltara..

Balas

Peraturan berkomentar

  • Silahkan berkomentar sesuai dengan topiknya
  • Tidak mengandung unsur SARA atau kata-kata kotor
  • Komentar yang menyalahi aturan akan dihapus oleh admin
Terimakasih atas komentar anda

Email anda tidak akan dipublikasikan
contoh: https://www.google.com atau https://google.com

Terpopuler Bulan Ini


Lowongan Pekerjaan Universitas Kaltara
20 | 21/01/2019 | HUMAS UNIKALTAR