• Jumat, 19 Juli 2024
Dosen Universitas Kaltara melaksanakan Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa dan Batang Pisang sebagai Pupuk Organik
  • Humas Unikaltar
  • 17/10/2023
  • 33

Kegiatan hibah PKM skema kemitraan masyarakat dengan tema “Sosialisasi pemanfaatan limbah organik” yang dilaksanakan di Desa Panca Agung, pada hari minggu tanggal 15 Oktober 2023. 

Pupuk merupakan salah satu permasalahan yang sering kali menjadi keluhan petani pada umumnya, dimana jumlah pupuk subsidi saat ini terbatas, harga pupuk semakin meningkat, namun pupuk harus terus tersedia untuk memenuhi kebutuhan tanaman dalam menghasilkan produksi baik kualitas maupun kuantitas. Desa Panca Agung merupakan salah satu desa yang ada di Kalimantan Utara yang memiliki tanah yang subur dan masyarakat yang ada disana mayoritas adalah petani, jenis tanaman yang tumbuh disana seperti padi, pisang, kelapa, sayur-sayuran dan buah-buahan, dengan melihat potensi sumber daya alam yang ada dan kurang dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat, seperti Batang pisang, kulit pisang, sabut kelapa dan lain sebagainya, dengan demikian usaha untuk memenuhi kebutuhan pupuk masyarakat desa tersebut, maka limbah yang ada dimanfaatkan untuk dijadikan pupuk organik. Selama ini pupuk organik hanya dibuat satu jenis saja yang dihasilkan dalam sekali produksi bisa pupuk padat atau pupuk cair saja, pupuk tersebut diolah masih menggunakan cara sederhana. Dengan adanya kemajuan teknologi saat ini, kami mencoba menciptakan alat membuat pupuk organik yang nantinya bisa menghasilkan dua jenis pupuk yakni pupuk cair dan pupuk padat. 

Tags: Share:

Kontributor

Humas Unikaltar


Selengkapnya

-- Komentar ditutup --